Info Cilacap, W2B.CO.ID – Kilang Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, kembali menginisiasi kesibukan donor plasma konvalesen selama dua hari, Senin (2/8) dan Selasa (3/8).

Aktivitas yang didorong Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap itu juga dilengkapi dengan donor darah rutin serta Voluntary Counselling and Testing (VCT) di Gedung Patra Graha, Cilacap.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji ditemani Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi dan Dandim 0703/Cilacap Letkol (Inf) Andi Afandi meninjau secara seketika acara bertajuk Be A Hero : Together We Fight COVID-19 ini dengan pengaplikasian ketat protokol kesehatan.

General Manager Pertamina RU IV Cilacap Eko Sunarno mengatakan plasma konvalesen menjadi salah satu keperluan mendesak untuk mempercepat pemulihan bagi para penderita COVID-19.

\\\”Inilah kontribusi kami para perwira Pertamina dalam turut membatasi kasus COVID-19 terutamanya di Kabupaten Cilacap. Terima beri support dari TNI/Polri serta Pemkab Cilacap selama ini,\\\” katanya.

Lebih lanjut, Eko mengatakan kesibukan donor plasma konvalesen hal yang demikian yaitu program kedua sesudah aksi yang sama dijalankan pada bulan Februari 2021 yang ketika itu sukses mendonasikan 25 kantong darah plasma.

\\\”Kami mau, bagus donor plasma konvalesen ataupun donor darah rutin ini serta layanan VCT pada peluang kali ini benar-benar berkhasiat dan menjadi jalan kesembuhan untuk mereka yang sedang sakit,\\\” katanya.

Sementara ketika memberi sambutan, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi langkah para perwira Pertamina hal yang demikian.

Oleh sebab itu, Bupati selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cilacap sekalian penyintas COVID-19 mengimbau seluruh penyintas bisa mendermakan plasma darahnya demi menyelamatkan sesama.

\\\”Sebagaimana tema Be A Hero : Give Blood Together We Fight COVID-19, ketika ini menjadi pahlawan yaitu dengan menyelamatkan nyawa sesama manusia, via donor plasma,\\\” katanya.

Berikutnya, Bupati juga mengingatkan masyarakat yang ketika ini terpapar COVID-19 supaya bisa membatasi pikiran, makan, dan melatih pernafasan via cara yang disebutnya PMP (Pikiran, Makanan, dan Pernafasan).

\\\”Sumber penyakit itu datangnya dari pikiran, karenanya bagi yang terpapar upayakan berdaya upaya positif, makan makanan yang sehat, dan lakukan latihan pernafasan,\\\” katanya.

Dalam peluang itu juga dijalankan penyerahan bantuan bagi para daya kesehatan dari sejumlah instansi di Kabupaten Cilacap.

Bantuan hal yang demikian yaitu sumbangan yang dihimpun perwira Pertamina dan organisasi internal Kilang Pertamina Cilacap, antara lain Persatuan Wanita Patra (PWP), Badan Dakwah Islam (BDI), Baituzzakah Pertamina (Bazma), Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayakusuma (SPP-PWK), dan Koperasi Pegawai Pertamina (Kopama).

Redaktur, W2B.CO.ID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here